Selasa, 28 Agustus 2018

BUDAYA, MAKANAN, dan CIRI KHAS DAERAH LAMONGAN


BUDAYA, MAKANAN, CIRI KHAS DAERAH LAMONGAN
A. Budaya

Lamongan merupakan salah satu Kota yang ada di Jawa Timur. Kota Lamongan juga terkenal banyak budayanya diantaranya yaitu Tari Boran, Tari Mayang Madu, Tari Turonggo Solah, Tari Caping Ngacak, Tari Slir-silir dan Tari Sinau. Dari berbagai tarian tersebut, tarian yang menjadi khas budaya dan berkembang di Kota Lamongan adalah Tari Mayang Madu. Tari Mayang Madu ini menceritakan tentang perjalanan Wali Songo yang menyebarkan agama isla di Pulau Jawa, khususnya di daerah Kota Lamongan yaitu Sunan Drajat.
Penyebaran melalui kesenian, salah satunya dengan musik. Musik yang dipakai adalah Singo Mengkok. Tari Mayang Madu berasal dari Daerah Lamongan. Tari ini biasa ditampilkan dalam bentuk tari Tunggal, tari kelompok, maupun tari massal.

B. Makanan
1. Nasi Boranan

Nasi Boranan mungkin tidak seterkenal soto dan wingko, yang juga merupakan makanan khas Lamongan. Nasi boranan menjadi makanan favorit bagi penduduk Lamongan. Makanan ini dipresentasikan dengan menggunakan daun pisang, yang membuatnya lebih tradisional. Nasi boranan terdiri dari tempe, tahu, ikan, ayam, rempeyek dan yang pasti, nasi.
2. Soto Lamongan


Soto Lamongan berbeda dengan soto lainnya. Soto Lamongan merupakan soto yang menggunakan koya atau semacam bubuk bawang putih. Dalam penyajiannya soto Lamongan terdiri dari, nasi, ayam, telur, telur muda atau ‘uritan’, seledri, so’un, dan kuah. Ada dua cara  penyajian dalam soto Lamongan, dimana bisa disajikan terpisah antara nasi dan sup nya atau dcampur dalam satu mangkok.
3. Tahu Campur


Tahu Campur adalah  salah satu lagi makanan khas dari Lamongan. Seperti namanya, bahan utama dari makanan ini adalah tahu, tapi tidak juga terlalu mendominasi dari keseluruhan bahan yang ada di dalamnya.
Tahu Campur terdiri dari lontong, selada, air, tauge, daging, dan kerupuk udang. Bahan tambahan yang membuat makanan ini lebih dahsyat berasal dari petis udang sebagai bumbunya dan jangan lupa Lento. Lento adalah seperti sepotong gorengan yang terbuat dari singkong.

C. Ciri Khas Daerah Lamongan
Di lihat dari aspek pariwisata :
1.      Wisata Alam
Tempat wisata alam di Kabupaten Lamongan, yaitu:
Waduk Gondang







Wisata Bahari Lamongan








Gua Maharani Zoo



2. wisata sejarah
Tempat wisata sejarah di Kabupaten Lamongan, yaitu:
Museum Sunan Drajat 



Monumen Van der Wijck



3.  Wisata Religi
Tempat wisata religi di Kabupaten Lamongan, yaitu:
Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Sendang Duwur




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sengkaling Kuliner "SEKUL"

Taman Rekreasi Sengkaling Sudah pada tahu belum ? UMM juga punya tempat wisata sendiri loh. Kalian tahu gak seperti apa tempat wisata ...